15 Maret 2016

[REVIEW] O.S.T Original Pure Vitamin C20 Serum

Selamat pagi! :)

Beberapa dari kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan O.S.T Vitamin C20 serum yang satu ini. Sekarang sudah ada upgrade-nya yaitu C21.5 yang katanya lebih oke dan gak terlalu lengket. Serum ini booming banget karena efeknya bagus untuk kulit yang bermasalah dengan jerawat. Sebetulnya aku sudah lama pakai ini dan blogpostnya udah lama nangkring di draft dari pertengahan tahun lalu. Sekarang baru aku publish. Hehe :D



Kemasan dari serum ini berwarna orange. Gak ada sisi cute-nya, semuanya serius. lol  Dalam kemasannya berisi satu buah botol serum dan pipetnya. Isi serum ini 30ml. Punyaku sisa sekitar 3ml dan sudah teroksidasi tentunya, jadi gak aku pakai lagi dan sudah aku buang.


Menurut keterangan pada kemasan O.S.T Vitamin C20 serum ini memiliki beberapa manfaat, yaitu memperbaiki, mencerahkan dan menyeimbangkan tone warna kulit kita. 

Khususnya untuk pemilik wajah berjerawat biasanya ada beberapa bagian warna kulit yang berbeda-beda dari yang merah-merah sampai kecokelatan. :') Nah, katanya bisa pakai ini. Benarkah? Nanti bisa cek fotoku di bawah. 

Cara menggunakannya:
1. Setelah membersihkan wajah dan memakai toner, gunakan 2-3 tetes serum ini di seluruh wajah setiap malam. Toner ini berguna supaya pada saat diaplikasikan nantinya tidak terlalu lengket di kulit. Serum ini direkomendasikan untuk digunakan saat malam hari. Jangan lupa pakai sunblock ya kalau siang hari.

2. Setelah serum menyerap, lanjutkan dengan Vitamin Sleep 9 to 5 Crema. Kalau ini aku belum sempat nyobain. :D

Dari pengalamanku sih kalau kalian punya jerawat yang ada lukanya, lecet atau abis dipencet gitu kalau pakai ini serum agak cekit-cekit dikit. 



Keterangan ingredients ada di salah satu sisi kemasan. Silahkan cek sendiri ya di foto atas :)



Botolnya dari kaca tebal dan gelap, tapi masih kelihatan kok isi serumnya. Tutupnya berbentuk ulir, kuat banget dan yang masih baru tersegel ya, itu di foto sudah aku buka. 


Di bagian bawah botol terdapat keterangan tanggal expirednya. Serum ini katanya hanya tahan 2-3 bulanan karena cepat banget teroksidasi. Setelah pakai jangan lupa tutup rapat kembali dan simpan dalam kulkas supaya lebih awet.



Pipet ini digunakan untuk mengambil isi serumnya. Bisa dilihat isi serumnya bening agak sedikit kekuningan. Itu masih fresh sedangkan yang sudah teroksidasi warna serum akan berubah kuning-orange-kecokelatan. Sorry gak ada fotonya punyaku keburu dibuang hehe, bisa cek google aja atau ada contohnya juga di blognya XiaoVee Klik aja itu yaa :D


Ini contoh serumnya saat aku apply ke tangan, kiri sebelum dan kanan setelah apply. Awalnya memang lumayan lengket tapi meresap dengan baik kok. Aku sih gak masalah, lagian dipakai pas malam aja trus gak lama tidur. Pas bangun tidur ya glowing-glowing hahaa tapi tinggal cuci muka aja, beres. :)) Untuk baunya mirip jeruk, fresh. Gak mengganggu sama sekali. 

Btw, aku cerita dulu dikit ya. :p

Aku punya wajah yang gampang jerawatan setiap PMS datang atau kalau habis bepergian walaupun muka udah ditutup masker dan helm. Tipe jerawat yang nongol seringnya Papula kadang ada Pustula juga. Si Papula ini kesenggol doang sakit, ada yang cuma muncul aja, keliatan merah, membesar, kerasa sakit, trus dia mengecil sendiri tapi gak 'meletus' dan bulan depan muncul lagi gak jauh dari tempat yang lalu. Jadi macem gak tuntas gitu. -_- Paling sebel yang kayak gini, kayak lagi di-PHP-in! Gak puas kalau gak 'meletus' kan? -_-

Kadang kesel juga sih muka udah bener terus tiap PMS muncul lagi dan bukan cuma 1 atau 2 doang. Sempet ngerasa percuma ditemplokin skincare macem apapun kalau ujung-ujungnya begitu lagi. Hahaa Juni 2015 itu kondisi kulitku udah jauh lebih baik sejak pakai Mores White Booster bisa cek di sana deh. Eh pas ikut pulkam ke Jogja balik-balik ke Karawang panen jerawat lagi. Sedih? Iyalah, banget! Tapi sekarang mah ya banyak bersyukur aja, yang penting terus dirawat. :D

Lanjut ke foto before after ya. Kalau gak kuat hati dan mata gak kuat lihat foto-foto yang jijik dan menggeuleuhkan mending jangan lihat ini ya shaaay. :))


Ini hasilnya di wajahku, selama pemakaian kurang lebih 2 bulanan.


Juli 2015
Aku gak nemu foto originalnya, jadi ini kondisi kulit terakhir sebelum memakai O.S.T Vitamin C20 Serum. Aku ambil foto ini dari review MOIST Natural - Strawberry Milkshake Face Scrub & Tomato Juice Face Mask. Jerawat macem begini nih yang bikin kzl. -_-

Agustus 2015 
Minggu awal bulan Agustus aku mulai rutin pakai serum ini. Foto di atas setelah pemakaian serum selama 1 bulan. Ada sisa 1 jerawat yang besar di pipi kiriku. 

September 2015
Minggu akhir September ini bekas jerawat agak memudar. Pori-pori agak mengecil sedikit. Foto aku ambil dari review Amethyst Minty Lemonade - Acne Fighting Mask. Setelah MOIST habis, aku lanjut menggunakan Amethyst dan tetap rutin pakai O.S.T Vitamin C20 Serum.

Maaf kalau fotonya agak blur, warnanya juga beda-beda ada yang agak kuning. hehe Nyari yang aslinya gak nemu. T_T Menurutku serum ini cukup efektif mengurangi jerawat tapi memang agak lama prosesnya. Tekstur kulitku juga jadi lebih baik. Untuk efek mencerahkannya di aku gak kelihatan. Yaa gak masalah juga sih, yang penting buat aku mah jerawat nyingkir aja. :') 

Sekarang aku sudah tidak memakai O.S.T Vitamin C20 Serum lagi karena sudah teroksidasi dan pengen nyoba yang lain. Bulan Desember aku mulai pakai SK-II sampai sekarang. Nanti akan aku coba review. :)


Kesimpulan:

+ Mengurangi jerawat
+ Mengurangi tone kulit yang tidak rata
+ Memperbaiki tekstur kulit 
+ Isi banyak
+ Baunya fresh tidak mengganggu
+ Tersedia pipet

- Cepat teroksidasi
- Harga cukup mahal, dulu aku beli Rp225.000,-
- Beli harus online
- Agak lengket

Skor: 9/10

86 komentar:

  1. Aku suka banget pakai ini, dan selama 4 bulanan ini kan aku pindah ke C21,5 ternyata aku lebih suka yang C20 hahaha... Bakalan pindah lagi ke C20 setelah botol ke 2 si C21,5 habis << belinya karena diskonan jadi ngeborong #duh

    http://farrelandmerry.blogspot.co.id/2015/03/c20-ost-original-pure-vitamin-c20-serum.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya? aku gak bisa bandingin sih belum nyoba yang C21,5 bilang gak gitu lengket trus lebih oke itu katanya. hihii

      Hapus
    2. Hu-uh, emang gak lengket, lebih cepat menyerap, tapi formulanya gak nyantol di kulit aku, kayak gak fungsi gitu deh T^T sedih, padahal harganya hampir 2 kali lipatnya C20 T^T

      Hapus
  2. Wow. Work banget ternyata ya. Dari dulu pengen cobain ini malah kebeli yg lain2.

    rima-angel.blogspot.co.id

    BalasHapus
  3. sis kamu beli nya dmn?info ya makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku beli di IG tapi lupa nama akunnya apa, udah lama sih. :')

      Hapus
    2. Aku juga pake tapi clekit-clekitnya ngga nguatin. Aku beli di ig juga @ostindonesia, bisa juga beli di hellosora.com

      Hapus
  4. Sis, thanks yaahh reviewnyaa.. akhirnya bulat juga tekad buat beli serum C20. mudah2an cocok juga. btw, review SK II yang udah dipake dari Desember 2015 belom ada yah?

    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga cocok juga yaa. :)
      Iya aku belum buat reviewnya, soalnya file fotonya hilang semua T_T Kalau di aku cocok pakai SKII FTE, bikin jerawat cepet kempes & gak pakai purging juga. Cuma mahalnya aja sih yang gak cocok. hehe :p

      Hapus
  5. Iyaa, mihil bgt sk ii ;( Tapi ttp beli juga krna penasaran, mengingat jerawat yg ga ada udahnya T.T
    Kalo urutan pemakaiannya, setelah toner c20 dulu, atau FTE dulu ya sis? Hehe
    Thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget. T^T
      Kalau aku toner, FTE, tunggu 10-15 menit baru C20.

      Hapus
  6. kak, serum c20 yang udah teroksidasi udah gak boleh dipakai lagi ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dipakai lagi bakal kenapa sis?

      Hapus
    2. Yang teroksidasi berarti sudah rusak. Bisa berbahaya untuk kulit.

      Hapus
    3. Serum aku baru semingguan dipake masa udah teroksidasi lagi ka:( jadi gabisa dipake lagi dong? Sayang masih banyak

      Hapus
  7. Kak serumnya pas dipakai apa clekit" soalnya aku baru beli kok dipakai gk ada rasa clekit" padahal mukaku berjerawat jadi sedih nih kapok belinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, terutama kalau ada luka di bagian jerawat, kayak habis dipencet/keluar isinya gitu pasti bakal kerasa sedikit perih. Kalau takut gak cocok coba jangan langsung dipakai sewajah aja.

      Hapus
  8. haiii... saya udah kepincut banget pengen beli, tapi mukanya lagi di istirahatkan karena 2hari kmrin masih pake krim erha. kalo boleh tau, kamu pake crema nya gak? atau setelah serum pake pelembab lg gak?
    trus kalo siang kamu pake apa?
    hehe makasih yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu itu aku gak pakai crema nya dan setelah pakai serum tidak pakai pelembab lagi. Kalau siang habis bersihin wajah cuma pakai toner & essence aja. hehe

      Hapus
  9. Hai kak, aku tertarik sama reviewmu hehehe, boleh nggak aku ijin ambil fotomu yang nanti aku cantumkan sumber di IG kami @etudepedia

    BalasHapus
  10. sis kalo udh teroksidasi masih bisa dipake apa engga?

    BalasHapus
  11. Aku pakek malah adanya alergi, keluar bintik bintik gitu

    BalasHapus
  12. Hai kak shinta numpang spam ya, mungkin untuk temen2 yang mau beli Serumnya setelah bacar review kak shinta jadi kepengen. Bisa beli di Olshop di facebook : Nia Windarti atau Korean_Shop. Makasih ^_^

    BalasHapus
  13. sekalian minta iji share reviewnya di facebook yah, makasih ^_^

    BalasHapus
  14. Kalo misal dipake siang tanpa sunblock efeknya apaan kak

    BalasHapus
  15. Kalo dipakenya pas siang dan gapake sunblock efeknya apaan kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya tanpa pakai ini pun harus pakai sunblock setiap hari supaya terlindungi dari efek buruk paparan sinar matahari. Coba deh googling tentang sunblock ya supaya lebih jelas. :)

      Hapus
  16. Hallo mau nanya, dia bisa ngecilin pori sama perbaiki bekas scars gk say?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, tapi pasti butuh waktu lama say apalagi kalau acne scar gitu.

      Hapus
  17. Hi Sist..

    Pengen nanya, aku saat ini pake Hadalabo yg Gokujyun series yg terdiri dari facewash -> lotion -> milk..
    Aku pengen coba C20 ini, kira2 bisa gak ya di combine sama Gokujyun series yg aku pake?
    Trs kira2 urutan pakenya gimana yah?

    Thank you ^^ (Putri)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Putri, maaf baru aku balas.
      Bisa / gak nya aku kurang tahu karena belum nyoba pakai Gokujyun.
      Kalau urutannya facewash, lotion, serum, milk.

      Hapus
  18. Setelah baca review ini jadi kepincut cobain dehh, udah beli hehe moga aja cocok. Kira" oksidasi nya brp bulan ya? Trus ciri" nya kalo teroksidasi gimana? Thankyou ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekitar 2-3 bulan. Kalau teroksidasi warna cairannya berubah jadi kecokelatan. Semoga cocok ya :)

      Hapus
  19. toner apa yg bagus ya untuk sebelum pakai c20 ini? coz aku dah 10 hari pakr c20 tanpa pakai toner dulu setelah cuci muka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tonernya sesuaikan dengan jenis kulitmu yaa. Kalau aku pakai Innisfree.

      Hapus
  20. Ka mau nanya klo uddh teroksidasi bentuk ny ky gmn ?

    BalasHapus
  21. aku mau nanya, ini produk harus selalu disimpen di kulkas atau ngga yah?

    BalasHapus
  22. Sis aku kan baru beli tp aku gk ngerasa ada clekit2 gtu, muka aku gk jerawatan siih. Emng clekit2 nya itu di jerawatnya aja ato gmn sih? Aku takut barangnya KW soalnya. Btw aku belinya di tokop***a

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku clekit-clekit gitu karena bekas jerawatnya yang dipencet gitu sis kan jadi ada kulit yang lecetnya.

      Hapus
  23. Muka ku ada bks jerawat merah, bisa ga ya pakai ini? Tkt nanti justru nimbul jrwt baru ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tinggal bekasnya mungkin baiknya cari skincare khusus menghilangkan bekasnya.

      Hapus
  24. Kak,Mau nanya lau pkai serum itu,kulit jdi nglupas gk ya?

    BalasHapus
  25. Kak ini tonernya sepaketan atau gimana? terus ada efek samping gak kalau pemakaian jangka panjang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toner beli terpisah. Paketan ini hanya dengan crema nya.
      Kurang tau ya, aku hanya pakai 1 botol trus ganti yang lain. hehe

      Hapus
  26. Hi, menarik banget reviewnya. Aku pengen coba beli serum ini tp aku gak punya kulkas nih buat nyimpen serumnya (hiks..maklum anak kost). Is it okay kalo ga disimpan di kulkas sama sekali? Disimpan di suhu ruangan aja gpp kah?
    Thanks for the kind reply.

    BalasHapus
  27. Hi, menarik banget reviewnya. Aku jadi pengen coba beli serum ini. The thing is..aku ga punya kulkas buat nyimpen serumnya (hiks..maklum anak kost). Is it okay kalo serumnya ga disimpen di kulkas sama sekali?
    Thanks for the kind reply :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. it's okay kok kalo gak di kulkas, asal suhu di ruangannya sejuk aja. Semoga cocok ya :)

      Hapus
  28. Hi kak ak mau nanya dong, ak kan pake cream dokter kalau pake serum ini bisa gak? Terus kalau pake ini dimalam hari, pake ini dulu terus pame cream?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kurang tau, tapi kayaknya kalau pakai cream dokter jangan dulu deh. Fokus salah satu aja takut tabrakan.

      Hapus
  29. Kak aku kan baru beli c20 serumnya nah ini pipetnya kan terpisah gitu ya sama tutup utamanya. Kalo kk botolnya itu ditutup dgn yg tutup pipet atau gmn kak? Soalnya bingung jg ya kalau dilepas pasang trs ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai maaf baru balas. Aku tetep dipisah lepas pasang trus botolnya selalu masukin ke dus lagi karena takut cepet teroksidasi. Hehe waktu itu gak kepikir ganti tutup pakai yg pipet. XD

      Hapus
  30. maksudnya teroksidasi kalau sudah bagaimana ya kak? penyebabnya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sering terkena suhu panas & cahaya matahari langsung nanti teroksidasi & berubah warna. Fungsi serumnya jadi gak efektif lagi. Makanya banyak yang kasih saran masukin kulkas biar lebih awet.

      Hapus
  31. Mau tanya kalo sudah teroksidasi selain warnanya berubah coklat apa ada bau khasnya?soalnya saya msh ada stengah btol dsimpan dikulkas truz,tapi sdh ada perubahan warna ke orange gtu bukan bening pertama x beli(beli sdh ada 3blnan)...apakah sdh tidak dapat digunakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh aku lupa lagi baunya. hehe
      Kalau sudah berubah warna gitu sebaiknya jangan dipakai lagi soalnya aku pernah nekat pakai, trus besoknya beruntusan.

      Hapus
  32. wowww.. tekad ku bulat pakai ini,. thanks revieew nya sist. oiya ini serum nya harus taro kulkas ya?

    BalasHapus
  33. wowwww. thanks banget reviewnya. udh beli udah cobain ke muka hri ini untuk pertama kali. btw ini serum nya harus ditaro di kulkas ya? ?
    ]

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, semoga cocok yaa :)
      Gak harus di kulkas sih tapi di tempat yang sejuk, gampangnya kulkas gitu. hhe

      Hapus
  34. sis, kalau serumnya sudah lebih dari 3 bulan tidak dipakai, boleh dipakai kembali tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berubah warna gak? Kalau iya lebih baik jangan ya, soalnya aku pernah pakai pas udah agak teroksidasi 2 hari kemudian malah beruntusan lagi.

      Hapus
  35. Kak ini tipe jerawatku, aku dulu waktu smp banyak banget jerawatnya jadi skrg berbekas kayak berlubang gitu.kalo sekarang aku muncul jerawat waktu mens aja.C20 ini kira" cocok gak kak buat kulitku?? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kalau skincare cocok-cocokkan sih sebenernya. C20 ini memang buat kulit yang bermasalah. :)

      Hapus
  36. Hai. Aku mau tanya kalau misalnya pakai ini tanpa toner setelah cuci muka bisa tdk yah?

    BalasHapus
  37. Halo kak,pakai C20 bikin kulitnya mengelupas ga? Kalau iya kira2 mengelupasnya menggangu gitu atau enggak, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku pas pakai ini gak ngalamin kulit ngelupas.

      Hapus
  38. Sistem aku mau tanya.. jd aku udh Belis serum ini udh agak lama ya. Sekitar 3bln yg lalu. Krn waktu itu dikosan dan ga ada kulkas jg.akhirnya br sempet kubuka skrng. Wkwk~ tp tuh pas aku buka botolnya kaya bunyi soda gitu. Terus keluar buih buih gitu.. kamu kaya gitu ga? Wkwk aku jd panik 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku gak ada bunyi soda dan buihnya, kurang tau juga itu kenapa ya? hehe

      Hapus
  39. Hai kak mau tanya dong, kakak tipe kulit berminyak gk? Klo aku iya, kira2 cocok gk ya buat tipe kulit berminyak kyk aku?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, kulitku juga berminyak kok, pakai ini cocok. Tapi masalah cocok-cocokkan balik lagi ke kulit masing-masing yaa.

      Hapus
  40. Punya aku warnanya udah ke kuning-kuningan,itu artinya udah teroksidasi ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kuningnya dikit banget dan cerah kayak di fotoku itu masih aman.

      Hapus
  41. Hai kak. Kalo kulit yang baik baik sj/gak bermasalah bisa gak ya pakai ini?
    Trs kan aku liat di google toner aha/bha gaboleh dibarengin vitamin c. Tp toner ku aha/bha nya rendah, ttp gakboleh di barengin ya?

    BalasHapus
  42. Kalau kulitmu baik-baik aja apa gak lebih baik pakai serum sesuai jenis kulit?
    Toner aha/bha + vit C bisa aja, cuma pemakaiannya dikasih jarak aja jangan sekaligus. Trus bisa coba kandungan vit C yang lebih rendah dulu seperti Klairs Freshly Juiced Vit Drop. Itu sudah pernah aku review juga ya. :)

    BalasHapus